Cara Edit Partisi Hard Disk | Resize/Move | Create | Delete | Convert Logical/Primary | Change Letter | Format | Hide Partition | --oo-- Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengedit partisi menggunakan software EaseUS Partition Master Proffesional, software ini mudah digunakan dan banyak menyediakan fitur, beberapa diantaranya saya tuliskan di sub judul postingan ini. Berhubung saya hanya menyediakan tutorial dan tidak menyediakan link/file download, maka dari itu silahkan cari dan download sendiri, tapi saya merekomendasikan untuk download langsung EaseUS PM di FileHippo. Oy tutorial yang saya bagikan ini hanya beberapa saja dan yang paling utama adalah bagaimana menambahkan kapasitas dari partisi harddisk.


Cara Edit Partisi Hard Disk | Resize/Move sbb :
1. Download Dulu EaseUS Partition Master lalu Install dan jalankan  Softwarenya.
2. Dalam kasus yang saya akan contohkan ini ialah, saya memiliki 2 partisi, yakni C & D dan saya akan menambahkan kapasitas partisi C, jadi otomatis saya harus mengambil dari partisi D dengan cara  membuat Unallocated Space Before.
3. Klik Partisi yang ingin diambil kapasitasnya (contoh D), lalu pada toolbar klik Resize/Move akan terbuka jendela baru, berhubung saya ingin membuat Unallocated Space Before maka pada kolom Decide Size And Position kita geser ke arah kanan kita sesuai dengan jumlah kapasitas yang diinginkan, silahkan lihat contoh pada gambar dibawah ini :


4. Klik OK, Maka Unallocated Space sudah tersedia.
5. Selanjutnya ialah kita akan menambahkan Unallocated Space ke Partisi yang diinginkan (contoh C). Klik Partisi C lalu klik Resize/Move, Maka akan terbuka sebuah jendela. tugas kita ialah pada kolom Decide Size And Position kita ambil Unallocated Space After dengan menggeser ke arah kanan di area yang berwarna putih sampai penuh, silahkan lihat contoh pada gambar dibawah ini :



5. Klik Oke, Maka Unallocated Space akan bergabung dengan partisi C, lihat hasil :


6. Jika sudah tidak ada yang ingin di edit, klik Apply --> Yes jika ada perintah Restart/Reboot.
7. Setelah komputer kita restart, perintah yg kita buat tadi akan di poreses di Boot, proses akan memakan waktu cukup lama, tergantung kapasitas yg kita tambahkan. pastikan komputer anda tidak mati saat proses berlangsung.

----------------------------------------------
Sedangkan Untuk Membuat Partisi Baru sbb :
----------------------------------------------
1. Tentukan Partisi yang ingin di Unallocated kapasitanya (Contoh D), yang harus diperhatikan ialah, partisi baru ini ingin ditempatkan sebelum Partisi D atau sesudahnya, jika ingin membuat partisi baru sesudah D maka kita membuat Unallocated Space After, jika Sebelum kita harus membuat Unallocated Space Before.
2. Jika Unallocated space sudah dibuat klik Unallocated space tersebut, lalu pada toolbar klik Create.

3. Akan terbuka jendela baru, isi sesuai yg diinginkan, mulai dari nama/label partisi, letter, primary/ logical dll. lalu OK jika sudah selesai

3. Klik Apply untuk memproses perintah dan Yes jika ada perinta restart komputer.


----------------------------------------------
Sedangkan Untuk Mengganti Letter sbb :
----------------------------------------------

1. Pilih partisi/drive yang ingin dirubah letter-nya, lalu pilih Change Drive Letter pada menubar yang ada disamping kiri anda

2. akan terbuka jendela untuk daftar letter, pilih letter yang diinginkan, lalu OK

3. Klik Apply untuk memproses perintah, dan Yes jika ada perintah restart

0 komentar :

Poskan Komentar

Dimohon Untuk Tidak Melakukan KOMENTAR SPAM!!
- Memasukkan Link Aktif
- Promo/Iklan
- Komentar Tidak Sesuai Postingan
- Posting Berualang-Ulang