Kriteria Manusia Terbaik Sesuai Hadits Rasulullah - Pernahkah anda bertanya-tanya dalam hati, apakah anda sudah termasuk golongan manusia terbaik atau kah anda termasuk manusia yang tergolong buruk. Untuk mengetahui kriteria-kriteria manusia terbaik menurut Rasulullah shallalahu 'alaihi wasalllam, silahkan baca artikel berikut yang saya copas disini :D


10 Kriteria Manusia Terbaik :

Sepuluh kriteria yang menyebabkan seseorang dikategorikan sebagai manusia terbaik, diantaranya adalah :

1. Para Shahabat yang Mulia

Dari Abdullah, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam : “Sebaik-baik manusia adalah generasiku (Para Shahabat), kemudian Generasi sesudah mereka (Tabi’in), kemudian generasi sesudah mereka (tabi’ut Tabi’in).” (H.R Bukhori Muslim)

2. Yang Paling Taqwa dan Suka Menyambung Tali Silaturrahim

“Manusia terbaik adalah yang paling banyak bacaan dan ilmu Qur’annya, paling bertaqwa dan paling suka beramar ma’ruf nahi munkar serta paling rajin menyambung silaturahim.” (HR. Ahmad)

3. Pelajar dan Pengajar Al-Qur’an

Dari Utsman, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam Bersabda :“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkanya.” (HR. BUkhari wa Muslim)

4. Mujahid

“Sesungguhnya termasuk salah satu manusia terbaik adalah seorang lelaki yang beramal (berjuang) fii sabilillah di atas kudanya, atau untanya atau kedua kakinya sampai maut menjemputnya.” (HR. An Nasa’i)

5. Yang Panjang Umurnya lagi Baik Amalnya.

“Maukah kalian aku beritahu tentang orang yang terbaik di antara kalian?” para sahabat menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Kata beliau, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling panjang umurnya dan paling baik amalnya.” (HR. Tirmidzi)

6. Yang Kebaikannya Selalu Diharapkan

“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang kebaikannya selalu diharapkan dan orang merasa aman dari keburukannya, sedang seburuk-buruk orang diantara kalian adalah yang kebaikannya tidak pernah diharapkan, dan orang-orang tidak merasa aman dari keburukannya.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad, Shahih (Al-Albani)

7. Pemilik Akhlak Mulia

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam tidak pernah berkata kotor dan berkata jorok agar ditertawai orang-orang. Beliau bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya.” (HR. Bukhari Muslim)

8. Yang Terbaik Terhadap Keluarga

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. dan aku adalah yang terbaik terhadap keluargaku….” (HR. Tirmidzi)

9. Yang Uzlah Menghindari Fitnah

“Sebaik-baik manusia saat terjadi fitnah adalah yang mengisolir diri dengan hartanya, beribadah kepada Rabbnya dan menunaikan Kewajibannya.” (HR. at-Tirmidzi)

10. Pemberi Makan

“Sebaik-baik kalian adalah yang memberi makanan atau orang-orang yang memberi makan.” (HR.Ahmad)

1 komentar :

Dimohon Untuk Tidak Melakukan KOMENTAR SPAM!!
- Memasukkan Link Aktif
- Promo/Iklan
- Komentar Tidak Sesuai Postingan
- Posting Berualang-Ulang