Indonesia Urutan 3 Supporter Paling Fanatik Di Dunia

Selamat pagi sobat, lumayan lama nih saya tidak memposting, oy pagi ini saya akan membagikan sebuah informasi,sebenarnya informasi ini sudah cukup lama namun saya baru melihat dan mendengarkannya semalam di televisi, yaitu tentang supporter Indonesia yang tingkat Fanatiknya berada di urutan 3 Dunia untuk bidang olahraga Sepakbola. Wah... saya pun senang mendengarnya, itu berarti sepakbola Indonesia punya modal yang sangat bagus untuk maju, tapi apakah sudah maju??sobat sendiri lah yang menilai :D.



Okey silahkan baca beritanya yang saya ambil dari tetangga sebelah.

BANYAK yang bilang kalau supporter adalah pemain ke-12 dalam suatu tim Sepak bola. Hal ini memang bukan tanpa alasan, karena supporter adalah elemen yang selalu memberikan suntikan semangat dan motivasi bagi para pemain yang sedang berlaga. Oleh karena itu, maka tak heran jika kemenangan suatu tim biasanya lebih banyak diraih di kandang sendiri.
Para supporter sepak bola itu sangat total dalam mendukung tim kesayangan mereka, bahkan tak jarang ada yang sampai mau berkorban nyawa hanya untuk mendukung tim kesayanganya. Hampir semua supporter di seluruh dunia ini pasti mempunyai rasa loyal dan fanatik, tapi tahukah kamu supporter dari negara manakah yang mendapat predikat sebagai supporter sepak bola paling fanatik?

Berikut adalah daftar 10 supporter sepak bola paling fanatik di dunia versi Firma sport marketing Inggris Initiative Futures Sports+Entertainment:

1. BRAZIL

Sebelumnya Brazil menempati urutan ke-4, namun pada tahun ini Brazil merangkak naik dan menempati jawara sebagai negara dengan penonton terbanyak di dunia.

Negara yang dikenal sebagai pemasok pemain sepakbola terbesar di dunia ini adalah salah satu negara yang mempunyai supporter sepakbola yang fanatik. Sudah tak terhitung berapa nyawa yang melayang karena tawuran antar supporter di liga Brazil.

Supporter Brazil dikenal sangat loyal pada tim. rata-rata kepadatan Stadion bahkan bisa mencapai 93%. Basis supporter fanatiknya adalah Sao Paolo FC.

2. JERMAN

Sebelumnya Jerman hanya menduduki posisi ke-10, namun pada tahun ini, Jerman mampu menempati posisi ke-2 setelah Brazil.

Salah satu negara dengan sepak bola yang maju ini mempunyai banyak supporter yang sangat fanatik. Banyak supporter yang rela untuk berpetualang berkeliling negara Jerman hanya untuk mengikuti tour musiman tim idola mereka.

Tingkat loyalitas mereka sangat tinggi, bahkan presentase rata-rata kepadatan stadion bisa mencapai 85%. Basis supporter fanatik Jerman adalah Bayern Munich dan Hertha Berlin.

3. INDONESIA
Pada posisi sebelumnya Indonesia berada di posisi ke-3, dan pada tahun ini, Indonesia tetap berada pada posisi tersebut.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menelan korban tawuran antar supporter di liga sepakbola. Rasa fanatisme yang berlebihan ini kadang justru berdampak negatif.

Bahkan franz Beckenbauer pun sampai kaget setelah melihat video tawuran supporter Indonesia. Ia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%. Basis supporter fanatik Indonesia adalah Persebaya, Persib, PSIS, Persipura, dan PSIM.

4. CINA
Siapa yang tidak kenal dengan cina, negara dengan penduduk terbanyak di Asia. Sepakbola China cukup diperhitungkan di Asia, terlebih dengan suporternya yang fanatik.

5. INGGRIS

Posisi sebelumnya Inggris berada pada posisi jawara, namun belakangan supporter Inggris mengalami stagnan, sehingga posisinya turun ke posisi 5, bukan karena fanatisme sepakbola di Inggris menurun, tapi karena ada negara-negara lain yang memiliki peningkatana fanatisme yang cukup signifikan.

Tak dapat dipungkiri lagi, Inggris lah negara dengan suporter paling fanatik di dunia. Para Supporter tak henti-hentinya menyanyikan lagu kebangsaan tim mereka sepanjang 90 menit untuk mendukung tim mereka. Bahkan di tingkat negara, Hooligan Inggris juga dikenal sebagai supporter paling fanatik.

Rata-rata kepadatan stadion bisa mencapai 99%. Dan basis supporter fanatik di Inggris adalah Liverpool dan Manchester United.

6. PRANCIS
Prancis menjadi juara dunia ketika menjadi tuan rumah piala dunia tahun 1998. Tak heran apabila Prancis memiliki banyak supporter di negaranya.

7. ARGENTINA

Loyalitas supporter Argentina dalam mendkung tim idola mereka memang tak perlu diragukan lagi. Para supporter sudah menganggap kemenangan tim sebagai harga mati.
Maka tak heran jika mereka selalu total dalam mendukung tim mereka untuk memperoleh kemenangan. Sama seperti Indonesia, di Argentina juga banyak terjadi perkelahian antar supporter yang menyebabkan korban jiwa.

Tingkat rata-rata kepadatan stadion bisa mencapai 97%. Basis suporter fanatiknya adalah River Plate dan Boca Junior.

8. AMERIKA SERIKAT

Pada tahun 1991, Amerika serikat berada pada posisi 23, dan pada tahun 1996 naik ke posisi 8. Bahkan pada tahun ini Amerika Serikat diprediksi akan mencapai posisi ke-5 melompati Inggris dan Prancis.

Lambat laun Piala Dunia bisa membuat orang-orang Amerika Serikat demam sepakbola, soalnya jika biasanya layar-layar lebar berisi pertandingan bisbol, kini yang diputar adalah sepakbola.

Demikian pula di kota-kota lainnya. Orang-orang Amerika mengatakan negaranya serasa berada di dunia lain selama Piala Dunia.

9. ITALIA
Di Italia, fanatisme supporter memang sangat tinggi. Supporter Italia dikenal sebagai supporter yang keras, bahkan hampir tiap klub mempunyai supporter garis keras (ULTRAS), yang biasanya selalu total dalam mendukung tim.

Rata-rata kepadatan stadion pun mencapai 93%. Basis supporter fanatiknya adalah Roma, Juventus, serta Milan dan Inter Milan.

10. MEKSIKO

Salah satu kekuatan sepakbola benua Amerika ini memang dikenal mempunyai banyak supporter fanatik. Dan salah satu yang unik dari mereka adalah, mereka selalu menampakkan identitas ke-Mexico-annya dalam mendukung tim kesayangan mereka.

Rata-rata kepadatan stadion mencapai 90%. Basis suporter fanatiknya adalah Chivas Guadalajara.(Firma sport Inggris)



13 komentar :

  1. Diperlukan koordinasi dan kesadaran tinggi akan fair play semua pihak untuk menghentikan fanatisme menjadi anarkisme. Sehingga tidak akan ada lagi yang mengambil batu saat para suporter turun di stasiun untuk melempari rumah warga, dan sederet kejadian kelam yang terjadi hanya karena sebuah bola.
    Saya juga suporter fanatis tapi hanya liat di tipi

    BalasHapus
  2. semoga saja sepakbola INDONESIA semakin baik :)

    BalasHapus
  3. @maskolis Wah Betul Mas..
    Sebagian Suporter indonesia Masih Kekanak-kanakan,,belum bisa menerima kekalahan Tim kesayangaxx,,itulah yg paling sering memicu terjadix tawuran itu yg pertama,,yg kedua kualitas wasit yg terkadang tidk baik,,dan juga pling sering memicu keributan.ketiga..hahaha gk ush di terusin ntar panjang jadix :D.hehe

    Yg terpenting butuh Kedewasaan untuk masing2 pihak agar Fanatik biasa jadi modal yg baik untuk lebih maju,,saya juga suporter yg fanatik,,hehe

    @enda Amin sobat...
    semua juga pasti berharap begitu

    @Anonim Ngomong Opo Iki :D heheh

    BalasHapus
  4. Saya bangga jadi orang indonesia...
    Keep smile.. :)

    BalasHapus
  5. @Dian Pastinya...
    saya juga bangga jadi org indonesia :)

    BalasHapus
  6. Website anda memberi banyak manfaat terhadap perkembangan teknologi

    BalasHapus
  7. Saya sangat menyukai website anda dan postingan didalamnya

    BalasHapus
  8. Postingan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas ilmu yang anda bagikan

    BalasHapus

Dimohon Untuk Tidak Melakukan KOMENTAR SPAM!!
- Memasukkan Link Aktif
- Promo/Iklan
- Komentar Tidak Sesuai Postingan
- Posting Berualang-Ulang